Sembilan Tumbuhan Obat Unggulan

“Dari 10.000 jenis tanaman yang telah dimanfaatkan sebagai obat, sedikitnya ada sembilan jenis tanaman yang menjadi unggulan,” ujar praktisi pengembangan pengobatan herbal, Ning Harmanto. Sembilan tanaman obat itu yakni mahkota dewa, sambiloto, pegagan, daun dewa, daun salam, temu mangga, temu putih, temu lawak dan tapak liman.

MAHKOTA DEWA (phaleria macrocarpa boerl) dikenal sebagai panglima tanaman obat karena berkhasiat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti kanker, diabetes mellitus, lever, jantung, gangguan ginjal dan stroke.

SAMBILOTO (andrographis paniculata nees) menyembuhkan demam dan masuk angin, pegagan (centella asiatica urb) berkhasiat untuk penyakit hepatitis.

DAUN DEWA (gynura procumbens merr) digunakan sebagai penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan darah serta penawar racun akibat gigitan hewan berbisa.

DAUN SALAM (syzygium polyanthum walp) yang mengobati kencing manis, darah tinggi dan kolesterol.

TEMU MANGGA (curcuma mangga valeton) yang digunakan untuk berbagai macam penyakit dalam, salah satunya asma.

TEMU PUTIH (curcuma zedoaria rosce) berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengobati lemah syahwat.

TEMU LAWAK (curcuma xanthorrhiza roxb) digunakan untuk berbagai penyembuhan penyakit dan mengembalikan kondisi tubuh.

TAPAK LIMAN (elephanthopus scaber) yang digunakan sebgai obat batuk, jelas dia.

Selain itu, kata dia, masih banyak tanaman obat lain yang telah dikenal oleh masyarakat secara luas seperti mengkudu, alpukat, alang-alang, bangle, sidaguri, purwoceng, tumpuyung, sambung nyawa atau ngokilo dan jati belanda.

Namun sebagian besar hasil penelitian tanaman obat itu kurang terpublikasikan dengan baik sehingga pengobatan herbal yang dikenal murah, alami dan tanpa efek samping menjadi pilihan kedua setelah pengobatan kimia, ujar Ning.

Data Departemen Kesehatan menunjukkan hutan tropis Indonesia memiliki keanekaragaman species tumbuhan yang berjumlah sekitar 40.000 jenis. Sekitar 7.000 jenis diantara species tumbuhan itu merupakan tanaman obat dan 1.000 jenis di antaranya telah dimanfaatkan sebagai obat. (*)

[ Sumber: http://bumnwatch.com/kita-punya-sembilan-tanaman-obat-unggulan/ ]