Cendana Wangi

Tanaman cendana wangi (Santalum album) terkenal karena kayunya yang berbau harum. Pada awal pertumbuhannya, cendana wangi adalah  tumbuhan parasit. Kecambah tanaman ini memerlukan pohon inang karena perakarannya sendiri tidak cukup kuat untuk mendukung kehidupannya. Karena prasyarat inilah cendana sulit dibudidayakan. Sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum menggunakan kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Kedua jenis kayu ini berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya, dan oleh karena itu kadar harumnya pun berbeda. 

Kayu cendana kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu cendana yang berasal dari daerah Mysoram (India Selatan) dianggap yang paling bagus kualitasnya. Di Indonesia, daerah Timor lah yang sangat terkenal sebagai produsen cendana.

Manfaat tanaman cendana adalah sebagai obat disentri (cara: sediakan 2-4 gram kulit kayu cendana, daun patikan cina secukupnya, dan 5 gram gambir. Semua bahan dicuci hingga bersih kemudian direbus dengan 110 ml air sampai mendidih. Setelah dingin disaring dan hasil saringannya diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore dengan ukuran sama banyak).

 Salam herbal cendana wangi... :)